• Kamis, 30 Juni 2022

Telan Anggaran Rp 752,405 juta, Bangunan Museum Purbakala Brebes Ambruk

- Jumat, 13 Mei 2022 | 12:54 WIB
Museum Purbakala Brebes Ambruk
Museum Purbakala Brebes Ambruk

SuaraPantura.com - Bangunan museum purbakala Pemkab Brebes, Jawa Tengah ambruk pada bagian depan bangunan beberapa hari yang lalu padahal bangunan tersebut baru selesai dibangun dan belum diresmikan.

Museum purbakala Brebes dibangun menyusul ditemukannya fosil manusia purba (homo erectus bumiayuensis) berumur 1,8 juta tahun.

Pembangunan myseum purbakala Brebes sendiri menelan anggaran sebesar Rp 752,405 juta rupiah.

Baca Juga: Pasar Langgeng Semedo Kabupaten Tegal, Menikmati Kuliner Tempo Dulu Sembari Berwisata Sejarah dan Religi

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Brebes, Rofiq Qoidul Adzam, membenarkan ambruknya bagian bangunan museum tersebut. Rofiq akan memanggil semua pihak yang terkait untuk mencari penyebabnya.

Dia mengatakan bangunan museum itu masih dalam masa pemeliharaan. Sehingga kerusakan bangunan itu masih tanggung jawab rekanan pelaksana proyek.

"Semua yang terlibat akan dipanggil besok. Mulai dari ULP, Dinas PU, Bagian Pembangunan, pengawas, konsultan, rekanan dan lainnya. Saya tidak mau tahu, rekanan harus bertanggung jawab," ungkapnya.

Pengadaan bangunan museum purbakala Brebes ini bernama Belanja modal bangunan gedung museum, dengan kode tender 4598148 melalui satuan kerja Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Tender bangunan Museum Purbakala Brebes ini dengan nilai pagu Rp. 940.515.000, sementara HPS nya Rp. 940.507.000, dan dimenangkan oleh rekanan CV Sakura Group dengan nilai penawaran Rp. 752.405.600,00.
***

Halaman:

Editor: Desky Danuaji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X