• Selasa, 17 Mei 2022

Ini Profil Singkat Gol A Gong Duta Baca Indonesia 2021-2025

- Jumat, 21 Januari 2022 | 17:37 WIB
Heri Hendrayana Harris atau Gol A Gong (Instagram/@golagong)
Heri Hendrayana Harris atau Gol A Gong (Instagram/@golagong)

SuaraPantura.com - Heri Hendrayana Harris atau lebih dikenal dengan nama pena Gol A Gong adalah seorang sastrawan yang lahir di Purwakarta pada 15 Agustus 1963.

Ia adalah pendiri Rumah Dunia di Serang, Banten. Gol A Gong pernah menjabat sebagai Ketua Umum Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Indonesia periode 2015-2020.

Gol A Gong lahir dari seorang ayah bernama Harris dan Ibu bernama Atisah. Pada 1965 ia bersama dengan orangtuanya meninggalkan kampung halamannya Purwakarta menuju ke Serang, Banten.

Baca Juga: Kunjungi Kampung Literasi Migunani Debong Tengah, Gol A Gong Tekankan Pentingnya Gotong Royong

Bapaknya adalah guru olahraga sedangkan ibunya seorang guru di sekolah keterampilan putri, Serang. Mereka tinggal di sebuah rumah di dekat alun-alun Serang.

Asal Mula Nama Gol A Gong
Nama Gol itu diberikan oleh ayahnya sebagai ungkapan syukur atas karyanya yang diterima penerbit. Serta Gong merupakan harapan dari ibunya agar tulisannya dapat menggema seperti bunyi alat musik gong.

Sedangkan A diartikan sebagai "semua berasal dari Tuhan". Maka, nama Gol A Gong dimaknai sebagai "kesuksesan itu semua berasal dari Tuhan".

Baca Juga: Seorang Ibu Kaget Setelah Mempraktekanya, Ini Tips memasak Daging Agar Cepat Empuk

Tragedi
Pada umur 11 tahun Gol A Gong kehilangan tangan kirinya. Itu terjadi saat dia dan teman-temannya bermain di dekat alun-alun Kota Serang. Saat itu sedang ada tentara latihan terjun payung.

Halaman:

Editor: Andri Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rekrutmen BUMN, Simak Tahapannya Berikut Ini

Sabtu, 14 Mei 2022 | 17:55 WIB
X