Soroti Kemiskinan Ekstrem di Kabupaten Pemalang, Ganjar : Mereka Butuh Bekerja

- Rabu, 25 Januari 2023 | 08:41 WIB
Ganjar Pranowo Soroti Kemiskinan Ekstrem di Kabupaten Pemalang (Pemprovjateng)
Ganjar Pranowo Soroti Kemiskinan Ekstrem di Kabupaten Pemalang (Pemprovjateng)

SuaraPantura.com - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Ranowo melakukan kunjungan ketjanya ke dua daerah dengan predikat miskin ekstrem di Jawa Tengah yakni Brebes dan Pemalang.

Menurut Ganjar Pranowo, basis penilaian kemiskinan itu mereka yang pengeluarannya dibawah Rp. 400 ribu/bulan. Hal itu bisa dipastikan bahwa mereka yang dianggap miskin tidak memperoleh akses pekerjaan.

“Kalau kemiskinan ekstrem itu diukur dari pengeluaran mereka Rp400 ribu (per bulan), bagaimana agar mereka pengeluarannya lebih dari itu. Secara indikator itu akan memungkinkan. Dan ketemu hasil analisis kami, mereka tidak bekerja. Mereka butuh bekerja,” kata Ganjar, dalam pelaksanaan koordinasi percepatan penanggulangan kemiskinan di Pemalang, Selasa 24 Januari 2023.

Baca Juga: Cara Daftar Kampus Mengajar, Program Terbaru dari Kemdikbud

Ganjar sudah mendapatkan solusi agar warga miskin bisa cepat mendapatkan pekerjaan, yaitu berkomunikasi dengan perusahaan di daerah setempat. Hasilnya, perusahaan mau menerima masyarakat miskin untuk bekerja.

“Bahkan yang unskill (tidak punya keahlian) pun mau diterima. Tapi jangan dong perusahaan nerima yang unskill. Maka pemerintah menyediakan pelatihan. Perusahaan kita ajak kerja sama, agar mereka yang tidak bekerja itu dari keluarga yang kemiskinannya ekstrem,” tuturnya lebih lanjut.

Ganjar menekankan, pihaknya mulai mendorong kepada seluruh pemkab/ pemkot sampai tingkat desa, agar mendata untuk memastikan warganya yang masuk kategori kemiskinan ekstrem dan tidak ekstrem.

Bila perlu intervensi, lanjut politisi berambut putih ini, penanganan apa yang dibutuhkan. Apakah sudah ada sumber keuangannya atau belum. Jika belum maka bisa menggunakan CSR, Baznas, atau dari pihak lain.

Baca Juga: Ketiban Durian Runtuh, Lisa Blackpink Ditawari 1,2 Triliun Untuk Melakukan Hal Ini

Halaman:

Editor: Desky Danuaji

Sumber: Pemprov Jateng

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X