Aksi Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang: Pembuatan Taman dan Penanaman Tanaman Obat Di Dusun Karangdawung

- Sabtu, 19 November 2022 | 19:15 WIB
Aksi Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang: Pembuatan Taman dan Penanaman Tanaman Obat Di Dusun Karangdawung (Dwi Wahyu Asih)
Aksi Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang: Pembuatan Taman dan Penanaman Tanaman Obat Di Dusun Karangdawung (Dwi Wahyu Asih)

Penulis: Hisyam Farhansatria
Mahasiswa KKN Reguler Angkatan 79 UIN Walisongo Semarang

SuaraPantura.com - Mahasiswa KKN Reguler 79 UIN Walisongo Semarang Posko 33 melaksanakan program kerja pembuatan taman toga di Dusun Karangdawung Kabupaten Semarang.

Taman toga sendiri adalah singkatan dari Taman Obat Keluarga. Merupakan taman yang memiliki berbagai jenis tanaman yang mudah untuk dipelihara dan tumbuh subur di halaman ataupun perkarangan rumah, dimana tanaman ini akan berguna untuk dimanfaakan oleh masyarakat sebagai obat tradisional.

Penanaman tanaman toga mulai dilakukan pada hari Minggu tanggal 16 Oktober 2022 - 17 Oktober 2022, dengan dibantu oleh kepala dusun Karangdawung, Bapak Farid dalam menyiapkan lahan.

Baca Juga: Temui Menpora Amali, Direktur PT. LIB Laporkan Hasil RUPS dan Minta Kompetisi Liga Sepakbola Segera Digulirkan

Beberapa macam tanaman yang kami persiapkan antara lain: Kitolod, kunyit, kencur, Tomat, cabe, terong, kemangi, jahe merah, sereh, dan lain sebagainya. Selain tanaman yang kami sediakan pribadi, ibu-ibu PKK dusun karangdawung juga turut membantu menyediakan beberapa bibit yang sekiranya dibutuhkan oleh kami.

Kegiatan ini diawali dengan penggemburan lahan, setelah itu melakukan pembatasan jarak antar tanaman dengan menggunakan tali rafia.

“pembatasan jarak dilakukan agar tanaman tertata rapi dan tidak tumpang tindih satu sama lain” ujar kepala Dusun Karangdawung.

Setelah itu Penanaman bibit mulai dilakukan satu persatu, kemudian diberi pupuk dan disiram menggunakan air.

Halaman:

Editor: Andri Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X