• Jumat, 2 Desember 2022

Mengenal Pemalang, Kabupaten di Jawa Tengah yang Terkenal dengan Kota Ikhlas

- Selasa, 13 September 2022 | 21:07 WIB
Mengenal Pemalang, Kabupaten di Jawa Tengah yang Terkenal dengan Kota Ikhlas (Ist)
Mengenal Pemalang, Kabupaten di Jawa Tengah yang Terkenal dengan Kota Ikhlas (Ist)

SuaraPantura.com - Kabupaten Pemalang merupakan Kabupaten di Jawa Tengah yang berada di jalur utama pantura yang menghubungkan Jakarta–Semarang–Surabaya.

Kabupaten Pemalang terletak di pantai utara Pulau Jawa. Secara astronomis, kabupaten ini terletak antara 109°17'30" – 109°40'30" BT dan 6°52'30" – 7°20'11" LS. Luas wilayah kabupaten ini ialah sebesar 111.530 km².

Pemalang terkenal dengan Motto yakni Pemalang Ikhlas yang telah ditetapkan dalam Perda Kabupaten Dati II Pemalang Nomor 11 Tahun 1990 dinyatakan “Motto Pembangunan Kabupaten Pemalang adalah IKHLAS” yang telah diundangkan dalam Lembaran Daerah Kabupaten Dati II Pemalang Nomor 6 tanggal 5 Maret 1991.

Baca Juga: Dibagikan Bertahap, Pembagian BLT BBM di Pemalang Gunakan Cara Ini

Motto Pemalang IKHLAS mengandung arti bahwa seluruh warga Kabupaten Pemalang dengan tulus hati, dengan hati bersih tanpa pamrih dan selalu percaya kepada kebesaran dan kemurahan Allah Tuhan Yang Maha Kuasa serta berserah diri kepada-Nya (Lillahi ta’ala) dalam melaksanakan pembangunan.

Motto Pemalang IKHLAS kecuali mengandung pengertian sebagai tersebut di atas juga merupakan singkatan dari Indah, Komunikatif, Hijau, Lancar, Aman dan Sehat. Masing-masing kata mengangung arti sebagai berikut :

INDAH
Mengangung arti cita-cita kehidupan yang elok, bagus, berharga, bernilai keindahan (estetika/artistik) sedap dipandang mata dirasakan dan diresapi lahir dan batin.

KOMUNIKATIF
Mengangung arti cita-cita kehidupan yang terbuka, mudah berkomunikasi, mudah diajak bicara, mudah dikenal, menyatu luluh terpadu dalam semua gerak pembangunan.

Baca Juga: Pesona Tempat Wisata Bukit Mendelem Pemalang, Gunung Jimat nan Keramat, Surga Bagi Para Pecinta Alam

Halaman:

Editor: Desky Danuaji

Sumber: Dari Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Miris, Begini Kronologi Penemuan Bayi di Pekalongan

Rabu, 30 November 2022 | 19:35 WIB

Link Baca Novel Terjerat Brondong Full Episode

Selasa, 29 November 2022 | 06:29 WIB
X