• Senin, 8 Agustus 2022

Menjadi Rajanya Hari, Berikut 5 Keistimewaan Hari Jumat yang Wajib Kamu Tahu

- Jumat, 24 Juni 2022 | 14:24 WIB
Keistimewaan Hari Jumat (Pixabay)
Keistimewaan Hari Jumat (Pixabay)

SuaraPantura.com- Dalam Islam hari Jumat adalah hari istimewa, bahkan Hari Jumat juga disebut sebagai 'sayyidul ayyam' atau bermakna tuannya semua hari.

Hari Jumat merupakan Raja dari semua hari. Bahkan dikatakan bahwa hari jumat adalah hari raya umat muslim. Sebagaimana dikatakan Rasulullah:
"Ini (hari Jumat) adalah hari yang dijadikan Allah sebagai hari raya bagi kaum Muslimin" (HR Ibnu Majah dan ath-Thabrani).

Berikut 5 keistimewaan hari Jumat yang wajib Kamu tahu:

1. Hari Beribadah
Hari Jumat adalah hari dimana Umat muslim dikumpulkan dalam satu tempat (masjid) dan beribadah bersama, mengingat Allah, bermunajad kepada Allah.

Pada hari Jumat, bagi umat muslim khususnya kaum adam (Laki-laki) diwajibkan Sholat Jumat di Masjid. Sholat Jumat dikerjakan pada saat masuk waktu Dzuhur.

Imam Ibnu Qayyim berkata, "Allah menjadikan bagi setiap penganut agama suatu hari di mana mereka meluangkan pada hari itu untuk beribadah dan mereka mengosongkan dari berbagai kesibukan dunia.”

2. Memiliki 2 Waktu Mustajab
Hari Jumat memiliki dua waktu yang dikatakan sebagai waktu mustajab untuk berdoa. Berdoa pada waktu mustajab akan membuat doa yang kita panjatkan cepat dikabulkan oleh Allah SWT.

Waktu mustajab pada Hari Jumat terdapat pada saat Sholat Jumat. Yakni ketika Imam duduk hingga dimulainya Sholat Jumat.

Baca Juga: Ingat! Berdoa Saat Hujan, itu Waktu Mustajab agar Doa Cepat Terkabul

Halaman:

Editor: Desky Danuaji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Chord Gitar Lagu Dermaga Biru, Kunci Am

Jumat, 5 Agustus 2022 | 09:40 WIB
X